Jelajahi Misteri dan Keindahan Gunung Api Purba Nglanggeran

Wisata Jogja kali ini akan membahas gunung api gunung berapi yang sangat unik yaitu nglanggeran. Jawa tidak hanya memiliki Gunung Merapi yang, namun juga memiliki jenis gunung lain yaitu Nglanggeran Volcano.

Gunung api purba Nglanggeran   adalah gunung berapi kuno yang terbentuk jutaan tahun yang lalu. Gunung ini terbentuk oleh magma pembekuan dari bebatuan. Kini gunung ini menjadi salah satu tujuan wisata yang tak kalah menarik di wilayah Yogyakarta.

Apa karakteristik Gunung Api Nglanggeran ini? Wisata alam apa yang bisa dilakukan di gunung ini? Mari kita lihat ulasan berikut tentang tempat wisata yang memiliki misteri dan eksotisme.

Karakteristik Nglanggeran Volcano
Gunung berapi Purba Nglanggeran hanya memiliki ketinggian sekitar 700 m dpl. Jadi jika dilakukan pendakian, pengunjung hanya akan menaiki ketinggian sekitar 500 m termasuk ke puncak.

Gunung Nglanggeran memiliki batuan raksasa yang menjulang tinggi. Bagian atas gunung dinamai Gunung Gedhe. Daerah sekitar gunung ini mencapai 48 ha. Gunung ini berbeda dengan gunung berapi lainnya. Gunung ini pernah aktif jutaan tahun yang lalu. Mitos dan cerita mistis masih beredar mengenai gunung ini. Kini gunung ini cukup aman untuk didaki.

Pergilah ke lokasi gunung berapi Nglanggeran yang sangat mudah dan cukup dekat dari kota Yogyakarta. Lokasinya sendiri berada di Desa Nglanggeran, Kecamatan Pathuk, Kecamatan Gunung Kidul. Anda bisa menggunakan mobil sendiri atau menggunakan layanan sewa mobil jogja (car rental) kami.

Di bagian bawah gunung ada tangga yang disediakan pengelola untuk pengunjung. Tali juga disediakan bagi mereka yang ingin memanjat.

Meski gunung ini tidak setinggi gunung lainnya, namun mengendarainya cukup menguras tenaga. Maka pengunjung disarankan untuk beristirahat begitu tiba di puncak pertama atau kedua untuk mengatur nafas dan peregangan. Tentu saja, semakin berat rute dan medannya.

Menikmati Pemandangan di Trek
Gunung api purba Nglanggeran benar-benar memiliki pemandangan yang indah. Pengunjung yang ingin berwisata ke gunung ini akan disajikan panorama alam yang indah dengan bebatuan besar dan pepohonan hijau.

Di sekitar gunung ini ada waduk atau embung yang bisa dijadikan tempat wisata. Ke atas, gunung Gedhe, hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam lebih.

Setelah di puncak, pemandangan alam yang menakjubkan akan berbohong seperti pepohonan, awan, dan sawah hijau. Waktu terbaik untuk mengunjungi gunung ini adalah saat matahari akan terbit. Dimana pada saat matahari terbit atau matahari terbit itu bisa dinikmati.

Sudahkah anda merencanakan liburan anda dengan mengunjungi Jogja tour gunung Purba Nglanggeran? Sekarang saatnya mencoba liburan yang berbeda.

Komentar